Desain rumah

model rumah minimalis modern 2 lantai


Desain Rumah 

Desain rumah adalah adalah salah satu tahapan awal yang dibuat dalam membuat sebuah desain rumah yang lengkap, proses ini dilakukan oleh seorang arsitek dengan mempemtimbangkan luas lahan dan total luas bangunan yang diinginkan.

Selain hal tersebut di atas desain rumah juga mempertimbangkan keinginan yang di minta oleh owner atau klien juga anggaran biaya untuk pembangunan rumah tersebut.

Arsitek selalu membuat desain rumah dengan memulai olah data dari hasil pengukuran luas lahan juga position kontur atau ketinggian tanah pada lokasi yang akan dibangun, setelah data dasar ini di dapat arsitek barulah membuat desain horizontal konsep bangunan dan kebutuhan ruang yang biasa kita sebut dengan denah rumah atau desain denah rumah.

Setelah desain denah di dapat maka arsitek akan melanjutkan dengan desain tampak rumah atau sering disebut juga dengan fasad/ facade.

Berbeda dengan desain denah yang mengutamakan kenyaman dan fungsi ruang pada rumah, desain fasad lebih kepada estetika atau keindahan rumah, selain mendesain fungsi elemen vertikal bangunan seperti dinding, pintu dan jendela juga atap dari rumah.

Desain rumah akan dilanjutkan dengan pembuatan gambar detil atau gambar rencana atau gambar kerja setelah desain fasad tadi di dapat, pada proses pembuatan gambar kerja ini maka arsitek di indonesia biasanya di back up oleh structure engineer atau konstruktor untuk membuat desain struktur dari rumah yang nantinya akan di satukan sebagai desain rumah yang lengkap.

Desain rumah jika biasanya di lengkapi dengan desain mekanikal eletrikal dengan fokus kepada plumbing atau perpipaan dari rumah juga desain eletrikal untuk kebutuhan listrik dan mesin pendukung untuk desain rumah yang dibuat oleh arsitek.

Sebenarnya masih banyak lagi yang kita bisa bahas tentang gambar rumah, jika anda tertarik untuk membacanya secara detil silahkan klik pada artikel kami dibawah ini untuk melanjutkan membacanya


  

Related Posts

1 comments